Kemapanan adalah harapan dari semua orang. Bisa kerja ditempat yang memberikan fasilitas dan financial yang menjanjikan adalah mimpi setiap orang. Untuk menggapai harapan dan mimpi itu, bisa dibilang susah dan juga bisa dibilang gampang. Namun, kita harus juga bisa selalu menangkap peluang, serta mengukur kemampuan yang kita miliki.
Banyak hal yang harus kita lakukan. Terutama memulai semuanya dari diri sendiri seperti membiasakan diri untuk disiplin, kerja keras, pantang menyerah dan lain – lain. Dalam kenyataan sehari-hari, kehidupan lebih sering berjalan jauh dari situasi yang kita idealkan. Sudah bukan cerita baru lagi kalau banyak lulusan teknik yang akhirnya, karena berbagai faktor dan keadaan yang memaksa, bekerja di bank atau lulusan pertanian ujung-ujungnya menjadi wartawan. Namun ada juga mereka yang mendapat pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.
Apakah anda termasuk karyawan yang diam-diam merasa tidak menyukai pekerjaan Anda. Atau anda merasa terpaksa menjalani pekerjaan anda. Penyababnya bisa banyak hal. Namun, apa pun itu, yang jelas itulah kenyataan yang dihadapi saat ini. Berhentilah mengeluh, dan mulailah untuk belajar menyadari bahwa kita tidak bisa terus-menerus membuang-buang waktu dengan menyesali apa yang telah terjadi. Sebab, kadang, pada kenyataannya, sebanyak apa pun keluhan, keberanian untuk berhenti dan mencari pekerjaan lain yang sesuai keinginan, tak kunjung anda miliki. Bahkan anda menjadi pasrah dengan keadaan yang anda hadapi.
Lebih-lebih, dalam situasi persaingan global yang semakin ketat, setiap tahun ratusan sarjana baru bermunculan, dengan pola pikir yang fresh dan sudah dipersiapkan untuk memiliki daya saing yang mumpuni. Dengan adanya realita semacam ini, mungkin anda akan semakin tenggelam dalam situasi dan meja kerja anda serta menelan ketidaksukaan anda pada pekerjaan yang harus anda jalani sehari-hari. Mau tidak mau. Nasihat paling gampang, tentu, “Terimalah kenyataan”. Tapi, anda pasti akan mengejar lagi, setelah itu apa. Berikut ada beberapa tips,yang mudah-mudahan bisa cukup membantu:
  1. Sadarilah, untuk mencapai suatu kesuksesan orang harus mampu melakukan dengan baik hal-hal yang tidak disukai, termasuk pekerjaan. Itu sama saja dengan tantangan. Bersikaplah profesional, konsisten dengan menunjukkan kinerja yang bagus. Bila anda menonjol di antara teman-teman sekantor, mungkin anda akan merasa lebih terpacu untuk mencintai pekerjaan anda. Tetaplah semangat dan optimis.
  2. Berusahalah untuk melihat suatu pekerjaan bukan semata-mata sebagai hasil, melainkan lebih pada prosesnya. Rasakan dan nikmati proses itu. anda akan belajar banyak hal dari sana. Jangan pernah berhenti untuk berusaha.
  3. Berpikirlah ke depan. Lihat apa yang anda lakukan sekarang ini dalam tatapan jangka panjang. Yakinlah bahwa apa yang anda kerjakan saat ini akan bermanfaat dan memberi konstribusi pada masa depan anda nanti, sebagai apa pun dan di mana pun anda di masa yang akan datang.
  4. Libatkan diri anda dalam pergaulan yang seluas-luasnya dalam lingkungan kerja. Nikmati interaksi dengan orang lain. Belajarlah dari tim bagaimana menyelesaikan masalah bersama. Jangan lewatkan kesempatan untuk terlibat dalam urusan-urusan dengan klien, bertemu orang baru.
  5. Selalu berpikir positif. Barangkali ini agak klise tapi, konteksnya begini, jadikanlah situasi yang menekan (karena anda tidak suka dengan pekerjaan anda) itu sebagai peluang. Berpikirlah bahwa ini semua tantangan bagi anda.
  6. Syukurilah. Selalulah bersyukur atas apa yang anda dapat.Atas kesempatan kerja yang anda dapat. Karena tidak setiap orang bisa mendapat kesempatan untuk bisa bekerja. Serta dengan bersyukur, anda akan merasa lebih menikmati.

http://tje-media.com/2012/12/nikmati-pekerjaan-yang-ada-walau-tak-seindah-harapan/